Sejengkal Belitung Blog – Gerhana Matahari Cincin (GMC) adalah fenomena alam langkah yang sangat jarang bisa kita temui loh guys. Gerhana matahari cincin terjadi ketika matahari, bulan dan bumi tepat segaris dan saat itu piringan bulan yang teramati dari bumi lebih kecil dari pada piringan matahari. Akibatnya, saat puncak gerhana, matahari akan tampil seperti cincin yaitu gelap di tengahnya dan terang di pinggirannya.

Sejarah Gerhana Matahari Cincin

Kalian tahu gak sih guys kalau GMC pertama kali melewati Indonesia pada tahun 1998 yang jalur cincinnya melewati Sumatra Utara dan Kalimantan Utara. Setelah itu GMC dapat diamati di Indonesia pada tanggal 26 Januari 2009. Sama seperti sebelumnya, jalur cincin GMC melewati bagian pulau Sumatra dan Kalimantan. Dan pada tanggal 26 Desember 2019 nanti jalur GMC akan melewati Indonesia dan kali ini melewati Pulau Belitung.

Titik Puncak Terbaik Ada di Belitung

Pulau Belitung merupakan salah satu daerah yang bisa menyaksikan fenomena alam Gerhana Matahari Cincin pada hari kamis mendatang. Fenomena langkah itu bisa di saksikan di beberapa titik di Kabupaten Belitung.

Kata pak Hermanto selaku pejabat Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung mengatakan, akan mempromosikan informasi tersebut ke setiap kalangan, untuk kepentingan pariwisata. Beliau juga mengatakan masyarakat atau wisatawan dapat memanfaatkan momen tersebut sebagai wisata edukasi, terkait dengan astronomi.

“Jadi bagi mereka yang berkunjung ke Belitung ada bonus khusus, yaitu dapat menyaksikan event langka ini. Ini juga akan kami sebarkan kepada pelaku wisata, agar menjadi sebuah paket wisata yang menarik,” jelasnya.

Durasi 3 Jam 45 Menit

Meskipun peristiwa GM dapat diprediksi dengan baik, peristiwa alam tersebut tidak berulang di lokasi tersebut dengan siklus tertentu. Di Kota Tanjung Pandan misalnya, GMC diprediksi akan mulai pada pukul 10.41 WIB dan puncaknya pada jam 12.38 WIB lalu berakhir pada jam 14.24 WIB.

Menurut Carles Siregar selaku kepala UPT BMKG Buluh Tumbang, Tanjung Pandan, pada gerhana matahari cincin 26 desember mendatang, Indonesia menjadi wilayah yang dilewati jalur cincin. Di samping itu juga ada negara-negara lainnya yang akan di lewati jalur cincin seperti Arab Saudi, India, Srilangka, Singapura, Samudra Hindia, Malaysia, Samudra Pasifik, Qatar, Uni Emirat Arab dan Oman. Lalu ada beberapa negara yang hanya dapat melihat peristiwa ini sebagian saja seperti Afrika timur, Samudra Hindia, Seluruh wilayah Asia dan Autralia utara.

Gerhana Matahari Cincin Terjadi Lagi 2031

Nah, kalian yang ada di Indonesia kan sayang banget kalo tidak melihat fenomena alam yang sangat jarang ini terjadi di dunia. Belum lagi BMKG memprediksi Gerhana Matahari Cincin akan terjadi lagi pada tahun 2031. Kan itu lama banget kan guys. Makanya, mumpung tinggal beberapa hari lagi menuju tanggal 26 desember. Kalian pesan tiket pesawat untuk liburan. Booking hotel dan siapkan diri untuk merasakan liburan sambil menikmati pemandangan fenomena Alam GMC di titik lokasi terbaik di Pulau Belitung.

Intermezzo

“Tapi kan gak ada yang pandu saya di belitung”

Ettss…. kalian jangan khawatir. Kami adalah tour and travel yang akan siap melayani kalian yang ingin berlibur ke Pulau Belitung. Travel kami juga telah menyiapkan paket-paket liburan wisata yang sangat murah dan menarik untuk kalian coba. Kami ada Paket Liburan Wisata Hemat dan Paket Wisata Reguler untuk kamu yang mau liburan rame-rame bareng temen ke sini.

*ssstttt…. makin rame. makin murah.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo liburan ke Belitung bersama Sejengkal Belitung Tour and Travel sambil menikmati fenomena alam Gerhana Matari Cincin di lokasi terbaik di pulau Belitung.

sumber: Belitung Tribunnews